Pasar Semawis

Posted: January 10, 2010 in Kuliner

Suasana Pasar Semawis

Ku langkahkan kaki menyusuri jalan yang di sulap seperti pasar malam ini. Ditemani sinar bulan dan cahaya lampu, aku bergabung bersama orang-orang yang mungkin mempunyai tujuan yang sama denganku. Yeah.. malam ini aku ingin mencoba beberapa makanan yang menarik menurutku. Dan PASAR SEMAWIS yang berada di Gang Pinggir menjadi tujuan utamaku. Pada siang hari kawasan ini merupakan kawasan pertokoan. Tetapi pada malam hari, di kala semua toko sudah tutup, kawasan ini berubah menjadi salah satu tujuan wisata kuliner warga Semarang. Disini tersedia pondok-pondok yang menjual segala macam jenis makanan dan minuman. Semuanya lengkap tersedia disini. Tapi Pasar Semawis ini hanya buka di hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Jadi jangan terkecoh apabila kamu berkunjung di hari Selasa atau Rabu dan mendapati tempat ini sepi

Sambil menyusuri pasar ini, tiba-tiba mataku memandang sesuatu yang unik.. PISANG PLENET.. Nama yang aneh, pikirku. Dan karna penasaran, aku mendekati penjual Pisang Plenet tersebut. Ouw, ternyata plenet itu artinya di gepengin. Jadi sebenarnya pisang plenet ini adalah pisang kepok yang di gepengin terus dibakar diatas panggangan sate dan kemudian di lumuri mentega, mesis, gula halus atau selai nenas sesuai selera. Harganya hanya Rp. 3.000,- berisi 2 buah pisang plenet ( 1 tangkup). Aku pun memesan 2 tangkup. Bagi kamu penyuka makanan manis, pasti sangat cocok dengan makanan ini


Aku pun melanjutkan perburuanku. Tidak jauh dari tempatku berdiri ada sebuah pondok yang ramai dikunjungi pembeli. Tak ketinggalan aku pun mendekati pondokan tersebut. MIE COOL.. Hmm..menarik juga, pikirku. Aku pun memperhatikan cara pembuatan Mie Cool tersebut. Ternyata ‘Mie’ yang di maksud bukanlah mie yang terbuat dari tepung seperti yang kita kenal biasanya. Mie ini terbuat dari jelly yang di serut panjang hingga berbentuk seperti mie. Apalagi di tambah dengan campuran fruits, buah lechy, mutiara, sirup rasa grape, orange, strawberry dan serutan es batu membuatnya semakin segar untuk di konsumsi. Harganya pun cuma Rp. 8.000,-

Puas menikmati Mie Cool, perut ‘Indonesia’ ku pun mulai berteriak ingin diisi dengan nasi. Dan NASI AYAM menjadi pilihanku kali ini. Bukan..bukan.. ini bukanlah nasi dengan ayam goreng. Aku pun awalnya berpikir demikian. Tetapi nasi ayam ini adalah nasi yang diberi campuran sayur pedas (sesuai selera) berisi labu siam dan krecek, suwiran ayam dan kuah santan yang disajikan diatas ‘piring’ daun pisang. Kamu juga bisa memakannya bersama dengan sate usus, sate telur ataupun krupuk. Yummy…. Harga per porsinya pun hanya Rp. 5.000,-

Sebelum meninggalkan tempat ini, aku ingin mencoba ES PUTER CONG LIK. Kelihatannya menarik. Es puter ini menawarkan berbagai macam rasa, seperti durian, kopyor, alpukat, kelengkeng, coklat, sirsak dan lechy. Es puter tersebut juga disajikan bersama dengan agar-agar dan taburan mesis diatasnya. Kamu juga dapat mencampur dua rasa es dalam pesanan kamu hanya dengan Rp. 6.000,-. Tapi apabila kamu ingin menambahkan buah durian, harganya menjadi Rp. 10.000,-. Kamu tidak akan menyesal mencobanya karna rasa buah-buahan yang ada pada es puter ini sangat terasa asli dan segar

Aku pun mulai melangkahkan kaki meninggalkan tempat ini. Puas rasanya bisa datang cukup ke satu tempat tapi menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman. Apalagi kita bisa duduk santai ditemani oleh udara malam. Eitss.. tapi perlu di ingat, karna suasananya outdoor, jangan datang kesini saat hujan

Comments
  1. Inge says:

    mbaaaaaa ncy…
    akhirnya update jg… kangen kangen…🙂

    sekalina posting og bikin ngiler yah… hihi

  2. kang supri says:

    kapan mbak kesana? kita kok gak ketemu ya? hehhe emang pasar semawis begitu mempesona bagi kaum kuliner. Sejuta Rasa Kuliner Semawis

  3. slams says:

    weeee belum penah mampir kesana, besok minggu doalan kesono ahhh

  4. Afni Rustam says:

    Mie co0l nya bkn ngiler segger banget pasti tuh yah say.. Pisang plenet’a kyk pisang epe kal0 d Mksr/Mdo gk sih?? Aaah ngiri… Semarang py ya jajanan2 aneh kek gituu…

  5. wongsableng says:

    nice post, keep write

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s