Kopi Toraja

Posted: January 10, 2010 in Kuliner

Kopi??? Hmm.. apa sih arti kopi bagi kebanyakan orang

“Kopi membuat gue bersemangat dalam memulai kerja”

“Kopi adalah penjaga mata saat menunggu pacar”

“Kopi merupakan teman setia di kala hujan”

“Lembur tanpa kopi bagaikan sayur tanpa garam”

“Kopi adalah pacar ke-2 gue”

“Kopi?? membuat hidup lebih hidup”

Melihat beberapa opini tersebut, kopi bukan lagi sebagai minuman pencegah kantuk tapi sudah lebih dari itu. Saat ini kopi merupakan bagian dari gaya hidup. Ini dapat dilihat semakin menjamurnya gerai-gerai kopi sebagai tempat nongkrong atau tempat melepas lelah. Sebut saja Starbucks, Coffee Bean, Excelso, Kopi Luwak, dan lain sebagainya.

Manfaat Kopi

Tapi tahukah kita bahwa sebenarnya kopi merupakan sumber anti-oksidan terbesar. Baik itu kopi berkafein atau bebas kafein keduanya memberikan sumbangan anti-oksidan yang sama. Anti-oksidan tersebut membantu tubuh membuang zat-zat radikal dan molekul perusak yang berbahaya bagi tubuh. Zat anti unsur radikal bebas ini berkaitan dengan sejumlah keuntungan dan manfaat bagi kesehatan termasuk melindungi seseorang dari terkena penyakit kanker atau jantung.

Kopi Toraja

Sulawesi Selatan yang berada di kawasan timur Indonesia merupakan salah satu sentra produsen kopi, terutama untuk pasaran ekspor. Potensi dan aroma kopi Arabika dari Tana Toraja sudah terpatri dalam benak para pecandu kopi mancanagera. Hal ini dibuktikan dengan sudah diakuinya kopi Toraja di tingkat dunia. Harganya pun termahal kedua di dunia setelah kopi Jamaica

Sedangkan di Indonesia sendiri, kopi Toraja juga sudah mencuri hati para pecinta kopi lokal. Terletak di tengah pegunungan Sulawesi Selatan membuat sebagian besar perkebunan kopi di Sulawesi dipunyai oleh perkebunan kecil serta mempunyai cara pemrosesan kopi yang unik. Tetapi jangan salah, justu karna itulah rasa kopi Toraja ini juga sangat enak dan bersih. Apalagi kalau dilihat secara geografis, Sulawesi memang sangat baik untuk tumbuhan kopi karena kandungan zat besi didalam tanahnya cukup tinggi yang berpengaruh pada rasa kopi yang dihasilkan.

So, bagi kamu-kamu para ‘kopi mania’.. cobalah untuk merasakan ke khas-an kopi Toraja ini. Dijamin kamu pasti terpikat akan aroma dan rasanya yang begitu unik dan menggoda

Comments
  1. elia|bintang says:

    memangnya zat besi itu pengaruh ke rasa kopi yah? saya juga seneng kopi toraja.. walaupun semua kopi juga seneng sih hehe

    salam kenal yah!😀

  2. Inge says:

    permisi…

    mba’… kopinya satu…
    nggak pake lama yah…

    hihi
    *kabuuuur*

  3. Rizal says:

    Waaah… beneran I love Coffe…. Kalo di tawarin suruh milih Nancy atau Kopi…
    Beneran, gw masih lebih milih…. Kopi… xixixixi..😛

  4. kang supri says:

    Hello there, salam kenal, mbak pecinta kopi ya? wah jarang-jarang ada cewe penikmat kopi juga🙂 udah pernah ngrasain yang pake facumbreffer gak mbak? wuh mantep tenan.. hehe baca postinganku tentang "Foto Kopi" Dari Indonesia ya, makasih.

  5. gendhismanis says:

    Hihihihi.. Kok ingatan gw melayang pada suatu siang di Starbuck Plangi ya?? Insiden c**man ama mahluk gak jelas yang lo palakin suru beli mug-nya!! Hahahahaha…

    Maap OOT Bu…😀

  6. arman says:

    dont like coffee…😀

  7. slams says:

    dulu gw paling anti kopi, walau cuma minum kopi nes**fe 1 sendok aja sudah membuat perut dililit ular berbisa… langsung kecepit

    tapi sekarang sudah mendingan, sejajar dengan perbaikan gizi dan pencernaan…

    kopi temen saya bikin tugas kuliah hehehehe, walau ujung-ujungnya juga ketiduran hehehe

  8. septarius says:


    Nggak ngupi aku..
    Nge-teh aja..

    Ini promosi ya..?😀
    ..

  9. nh18 says:

    I am not a coffee drinker …
    Saya peminum Teh …

    Tetapi dulu …
    saya penggemar kopi Toraja …
    Juga Kopi Kerinci …
    Wow … itu aromannyaaa …. hhhmmmm

  10. Yanti says:

    Etalase Oleh-oleh Khas Makassar

    Kami mendistribusikan produk-produk khas Sulawesi Selatan dan Makassar khususnya seperti Minyak Gosok cap Tawon, Kopi Arabica asli Toraja, Abon Tuna, Sirup Markisa dan lain-lain. Silakan berkunjung🙂

    minyak gosok cap tawon, abon tuna, sirup markisa, kacang disco, kopi arabica asli toraja

  11. Harry says:

    Aku juga suka Coffee, apalagi yg msh hangat, tp kdg2 kopi bisa buat gw enek. sejujurnya kl gw enek sampe ngak bisa habisin kopinya lg gw buang ke WASTAFEL

  12. agustinus tandi says:

    bagi saya kopi bukan hanya sebagai konsumsi aja…….
    tapi kopi toraja adalah bisnis ayahku dari sejak taon 80 an
    meski keuntungannya ga’ seberapa tapi syukurlah mampu membiayai sekolhaku sampai k perguruan tinggi. saya bangga dengan kopi toraja

Leave a Reply

