Aib oh aib…

Posted: September 24, 2008 in Gak penting, Tentang gue

Gw udah terdampar di kota semarang tercinta ini kurang lebih 8 tahun. Sebenernya itu umur yg bisa di bilang lama sih, tapi kenapa ya untuk bljr bahasa jawa tuh gw masih wagu (ngomong ‘wagu’ aja masih wagu) dan always di ketawain ama temen2 gw. Pernah nih, waktu masih kelas 3 SMA, baru-baru pindah di semarang, di saat gw lagi practice ber-java ria. Eh, tanggepan temen gw sungguh-sungguh diluar dugaan, gw ampe terharu dan tak mampu berkata-kata, “Nan..koe iki mendingan diem wae daripada ngomong jowo, rak pantes blas, wagu pol”. Thanks guys buat semangat yg kalian berikan, hingga akhirnya ampe skrg gw belum bisa bahasa jawa, dodollzz….

Dan setelah gw lulus SMA, gw pun masuk ke lingkungan kampus yang notabene rata-rata berasal dari luar kota semarang. Nah, tambah gak bisa practice lah gw

Singkat cerita setelah gw lulus kuliah, gw pun kerja mencari sesendok berlian. Sebenernya lulus kuliah pengen merit sih, tapi si willi (baca: pangeran william) belum ngelamar gw, katanya sih tunggu dia lulus kuliah dan mewarisi tahta kerajaan Inggris. Eittsss… curhat colongan yg gak penting nih..

Ok, kembali lagi ke nasib gw selanjutnya. Akhirnya gw kerja di salah satu perusahaan IT, masih tetep di kota semarang tercinta ini. Suatu kali, kantor gw dapet project di Boyolali, project Bank Data dan KTP Massal. Jadilah gw bersama team dan anak2 outsource lainnya, yang rata-rata anak kuliahan, kita pun pindah dari satu kecamatan ke kecamatan lain. Ada kali 20an orang, kita tinggal seatap, antri mandi, dari mulai numpang mandi di rumah-rumah warga ampe mandi di pom bensin, ketawa bareng, makan seadanya. Itu jadi kegiatan sehari-hari. Seru sih, seru banget bahkan.. the unforgetable moment dah pokoknya!!

Nah, skrg gw akan jelasin sistem KTP massalnya. Sebelum poto di tiap-tiap kecamatan, mereka udah melakukan pendataan terlebih dahulu di tiap-tiap RT, RW hingga kelurahan setempat. Jadi data warga tersebut udah kesimpen di server database. Dan perlengkapan yang kami bawa adalah laptop, kain merah (untuk yg tahun lahir ganjil), kain biru (tahun lahir genap) dan bbrp camera. Jadi, sesuai jadwal, orang-orang akan berkumpul ditempat yg udah ditentukan, mereka harus verifikasi data dulu, dan setelah datanya sama, maka mereka bisa langsung photo sesuai dengan tahun lahirnya.

Ok, sampai disini gw amann…

Nah, suatu hari..di suatu desa.. di suatu kelurahan (lupa gw namanya).. Seperti biasa gw mengurusi verifikasi data dgn bbrp temen. Hari itu entah kemasukan setan dari mana, gw tiba-tiba pengen kembali mencoba hasrat gw yg terpendam untuk practice java. Hari-hari kemaren gw udah ngeliat cara mereka ngomong dan menurut gw gak susah kok. Ok, mari kita bold dan garis bawahi : Menurut gw gak susah kok. Akhirnya dengan tekad yg bulat dan semangat yang berapi-api, gw sok-sok ngomong pake bahasa jawa. Secara itu didesa dan yg datang rata-rata orang tua semua, jadi harus pake bahasa jawa dan sialnya lagi, bukan bahasa jawa biasa, tp bahasa jawa kromo. Ohhh… (sempet2nya mendesah)

Akhirnya aib itu pun terjadi dengan suksesnya..

Datanglah seorang bapak tua menghampiri gw untuk verifikasi data. Btw, sebelumnya gw minta maap nih klo spelling-nya salah, maklumlah masih tetep dalam tahap SINAU (baca: belajar)

Gw : asma-nya sinten pak? (arti: namanya siapa pak?)

Pak Tua : bla..bla..bla… (menyebutkan namanya)

Setelah itu gw pun mengetik dengan indahnya di laptop gw untuk mencari nama bapak tersebut. Dan ternyata namanya gak ada. Langkah ke-2 : kalo namanya gak ada, maka kita pun bisa melakukan pencarian data melalui nama kepala keluarga

Ok, gw pun bertanya pada pak tua yang masih berdiri di hadapan gw,

Gw : KK-nya asmanya sinten pak? (arti: kepala keluarganya namanya siapa pak?)

Pak Tua : kulo piyambak

Gw : dengan sok taunya mengetikkan satu persatu hurup tersebut K.U.L.O P.I.Y.A.M.B.A.K

dan setelah di enter… ternyata… tereettttt… namanya pun gak keluar. Dengan sedikit panik, gw pun menoleh ke samping, bermaksud meminta bantuan ke temen gw. Dan ternyata temen gw udah ketawa ngekek duluan. Gw pun bingung, gw pun bertanya, apa yg terjadi kawan? Ehh.. ternyata KULO PIYAMBAK = SAYA SENDIRI. Pantesan aja, gw ketik ampe tahun baru besok juga namanya gak bakal keluar

OMG!!!!! Dan kejadian itu pun tersebar luas, terbawa angin pergosipan hingga sampe dikantor gw tercinta

Pfiiuuhhhh…. bener-bener kejadian memalukan

Pesen sponsor : Dicari guru bahasa jawa, pria tulen, single, usia 27-30 thn, berperawakan menarik, tampan, mapan, kepribadian baek, dan siap nikah

Oppssss….. hahahahaha….

Comments
  1. Dias says:

    Kl pgn bisa bs jawa…gmn kl les aja

    ********************************************

    pengennya sih gitu, nih lagi nyari guru les private. Baca deh pesan sponsor nya.
    berminat nge-apply?? hehehehe…

  2. Adi K. Rivai says:

    Mending les semua bahasa de, Jawa belepotan, Inggris ga bisa, Indonesia sering salah, hmmm…………

    *********************************************

    wadohh… jgn buka kartu donk pak😛

  3. dian diam says:

    kapan-kapan silaken mampir ke yogya, basa jawa bisa fasih dengan cepat . ^_^

    salam kenal…

    ********************************************************

    ok deh mas… sipp lah.. jd guide sekalian ya? hehe..
    salam kenal juga..

  4. Diedien® says:

    Wkakakakakakkkkk…… keren….. dan memalukan..
    bagian “kulo piyambak” tuh yg Gokil abizzz…😆
    8taon blm bisa berjawa ria..??? ikut prihatin deh…. tp kalo mo belajar pasti bisa kuq, mengkeh tak bantu kalih kulo..😀
    syaratnya : Ajarin aku basa sunda heuheu… 8 taon di Bdg juga nda bisa nyunda lancar wes ewess ewesss… hwahahahaha…

    **************************************************************

    husss..ketawa nya jgn banter2 donk. Liat kiri kanan tuh hehehe…
    wah, tp gw jg ga bisa bahasa sunda nih, gw bisanya bahasa tumbuhan, mau diajarin?? hehe..

  5. yogi van vixion says:

    ck ck ck
    malu2in gw aja…

    gw gini2 grade advance javanesse di “Mbok Lia” (kursusan bahasa jawa)

    ************************************************************

    makanya nih, kulo di sinau-in donk.. (baca: diajarin) hehehe…

  6. tanya_ken_apa says:

    Adikku yg cantik..
    Lucu kali ceritamu ya..
    Bolehkah kuceritakan lagi ke orang2? Hihihi.
    Biar dunia ini tambah ceria..

    *******************************************************

    dengan senang hati abangkuwh yg ndut…😛
    tapi tolong, nama disamarkan ya hehehe….

  7. duniafannie says:

    hwahahahaha ^LOL
    Lutuna…
    sesusah itukah bhs jawa?
    asal brani lgs praktek, pasti cpt bisa.
    apalagi kalo lingk sekitarny jg pake jawa.

    *********************************************************************

    nah, itu salah satu contoh berani langsung praktek dan hasilnya memalukan hahaha..
    tp gw gak nyerah kok. Gw akan berjuang sampe titik darah penghabisan menaklukkan bahasa yg satu itu😛

  8. cuma_mirip says:

    banyak ko orang jawa yang ga bisa boso jowo🙄
    saya juga ga bisa
    *emang bukan orang jawa dan ga tinggal di jawa*😀

    *********************************************************

    yeee.. itu mah sama aja kaleee….😛

  9. novnov says:

    hahahahaha…..OON!!!
    Novnov : jadi yang bego siapa ?
    Ncy : kulo piyambak mbak novi…

    hakhakhakhak….

    ******************************************************

    Novnov : kok bisa oon gitu sih, mang siapa yg ngajarin??
    Ncy : panjenengan piyambak.. (arti: anda sendiri)

    hehehehehe…..

  10. wiens says:

    lam kenal y mbak Ncy dri aku 5 mamiku,
    hehhehehhhehheehehhehhe lucu bgt critanya,
    aku ma mamiku ketawa ber2.
    kata mamaku nti klu ada waktu maen ksolo aja nti 5u diajari pake bhs jawa yang bener hehhhehhehehhehehe,
    tapi klu g patah semangat aku yakin mba Ncy pasti bisa
    cayoooo!!!!!

    ************************************************************

    salam kenal juga buat wiens ama tante🙂

    for tante : ok deh tante..tar kpn2 aku maen ke solo dan menagih janji les private jawanya. Sekalian ajak jalan2 juga ya tante hehehe…
    for wiens : tengkiu buat semangatnya. Tenang aja, aku pun tak kan pernah menyerah untuk menaklukkan bahasa jawa *sambil membusungkan dada*

  11. cahayadihati says:

    wakakakkaakk….
    okey, saiki yen awake dewe YMan nganggo boso jowo wae yoh!!! hahaha….
    Sekalian ajar kan?
    Ajar karo aku gratis kok…
    btw wiens ama tante udah nyasar kesini to?🙂

    ****************************************************************

    sip lah, mulai sesok kita ngomongnya pake jowo ya, tapi koe ojo guyu loh hehe..
    wiens ama tante tuh sapa ‘ya??

  12. saRa says:

    wkwkwkwkwkwk

    kocak kocak

    klo udh ada perkembangannnya share ilmu bahasanya yak hihihhi

    eh neng,,,aku org palembang. dirimu?

    =sarche=

    **********************************************************************

    sialnya.. blm ada kemajuan hehehe..
    kita sesama dr sumatra, gw dr medan, sum-ut

Leave a Reply

